Olah raga yang paling dicintai dunia – Sepak Bola

2-sepak-bola-dunia

Sejarah sepak bola versi Cina

Menurut banyak orang, inilah versi sejarah sepak bola tertua yang pernah ada. Akan tetapi, ada banyak sekali kontroversi terkait apakah ini y ang tertua, atau versi Jepang yang lebih tua. Versi sepak bola Cina, awalnya bernama “Tsu Chu”, mengharuskan pemain di atas lapangan untuk menendang sebuah bola kulit yang diisi dengan bulu-bulu yang dimasukan ke dalam lubang kecil. Sama seperti sepak bola, olah raga ini tidak memperbolehkan aktifitas lewat tangan selam abermain, dan olah raga ini juga dianggap sebagai sebuah kehormatan bagi setiap anggota tim.

Kaisar dari Dinasti Han, ketika permainan ini berkembang, adalah seorang pemain dan fans berat dari olah raga ini, dan menyebarkan popularitas pertandingan di seluruh Cina selama masa bertahtanya. Kira-kira sekitar tahun 300 SM, meski ada kontroversi terkait tanggal pastinya, yang bisa saja membuat permainan ini ada sejak lebih dari tahun 5000 SM. Tanpa memperhatikan hal tersebut, versi sepak bola ini tetap saja sangat tua. Meski demikian, ada versi Tsu Chu lain yang dimainkan saat ini. Di mana dua permainan tersebut sangat mirip, Tsu Chu tidak punya pengaruh terhadap versi modern sepak bola, karena olah raga ini awalnya dikembangkan dan diciptakan untuk dimainkan di daratan Inggris.

Sejarah sepak bola versi Jepang

Kemari, versi sepak bola Jepang, mungkin salah satu bentuk berbeda dari olah raga ini, dibandingkan dengan sepak bola modern. Kemari adalah permainan yang lebih mirip dengan hacky sacks, meski menggunakan bol ayang lebih besar yang diisi dengan debu-debu. Versi permainan ini melibatkan sebuah lapangan, yang dirancang dengan empat pohon, ceri, pinus. Banyak rumah-rumah besar di Jepang sengaja menanam pohon agar mereka bisa memiliki lapangan yang bisa dimainkan oleh olah raga ini.

Kemari biasanya dimainkan oleh dua sampai dua belas pemain. Dibuat sekitar tahun 1004 SM, olah raga ini jadi kompetitor dari permainan tertua dengan versi Cina Tsu Chu. Malahan, dilaporkan jika para pemain Tsu Chu Cina dan pemain Kemari Jepang sempat mengadakan pertandingan internasional pertama dalam sejarah, yang kira-kira pernah diadakan pada tahun 50 SM, meski tanggal pastinya tidak diketahui.